Film Dokumenter Panjang Terbaik

  • Gesang Sang Maestro Keroncong

    gesang-sang-maestro-keroncong

    Film Dokumenter tentang Gesang, seorang pengarang dan penyanyi Lagu Keroncong asal Kota Solo, Jawa Tengah (1917-2010). Film ini menelusuri proses kreatif dalam menempatkan lagu-lagunya, terutama yang sangat terkenal adalah lagu “Bengawan Solo”.
    Lagu-lagu ciptaan Gesang dinyanyikan oleh para penyanyi terkenal seperti Waldjinah, Mus Mulyadi, Hetty Koes Endang, Sundari Soekoco.

    Menurut Gesang, mengarang lagu itu mata air, selamanya akan terus mengalir.

    >> Informasi Lebih | Trailer
  • Indonesia Kirana

    indonesia-kirana

    Indonesia Kirana adalah dokumenter musikal yang bercerita tentang perjuangan paduan suara Indonesia di ajang kompetisi paling bergengsi di dunia yaitu 13th International Choral Competition Maribor 2015 yang diselenggarakan European Grand Prix for Choral Singing Association.

    Film berdurasi sekitar 90 menit ini bercerita tentang semangat pantang menyerah dan proses perjalanan dari setiap anggota paduan suara Indonesia yang diwakili oleh UNPAD Choir untuk membawa nama harum Indonesia saat mengikuti kompetisi padua suara paling bergengsi di dunia.

    >> Informasi Lebih | Trailer
  • Masean’s Messages

    maseansmessages

    Sejak 50 tahun yang lalu, Desa Masean sering mengalami kejadian-kejadian mistis. Banyak warga mati tak wajar. Sekitar 50 orang telah gantung diri. Menurut “orang pintar” hal itu disebabkan oleh arwah-arwah yang mati saat gestok belum diupacarai secara tuntas. Akhirnya baik kelaurga pembunuh dan keluarga terbunuh bersama-sama melakukan upacara difasilitasi oleh desa adat, desa dinas, pemerintah daerah, bahkan TNI POLRI.

    >> Informasi Lebih | Trailer
  • Nokas

    nokas-4

    Pernikahan adalah persoalan yang tidak lekang dimakan zaman, ketika krisis bahkan ketika perang orang tetap menikah. Seperti Nokas, lelaki 27 tahun ingin menikahi kekasihnya, Ci, gadis cantik yang bekerja di peternakan ayam di Kupang, Nusa Tenggara Timur. Tidak mudah menikahi gadis Timor, para lelaki biasanya diminta untuk membayar mahar kepada orang tua dan saudara pihak perempuan. Jumlahnya tidak tentu, tetapi seringkali memberatkan. Tradisi ini seringkali terlihat menjadi seperti transaksi jual beli. Dengan pendekatan observasional, film ini mengikuti usaha Nokas dalam menyiasati biaya pernikahannya.

    >> Informasi Lebih | Trailer
  • Petani Terakhir

    petani-terakhir-cap

    Nyoman Sutama adalah petani di pinggir kota Denpasar yang hingga hari ini bersama teman-teman “subak”-nya yang rata-rata jauh lebih tua masih setia bertani. Namun, desakan pembangunan kota yang menimbulkan bermacam permasalahan serta kebutuhan hidup yang semakin meningkat membuat Nyoman Sutama bimbang tetap bertani atau membuat kos-kosan.

    >> Informasi Lebih | Trailer