PERSYARATAN DAN KETENTUAN KOMPETISI

A. PESERTA:

Peserta FFI 2015 ditempuh dengan 2 (dua) cara:

  1. Penjaringan oleh Panitia Pelaksana 2015; atau
  2. Pendaftaran oleh Peserta.

B. PERSYARATAN:

1. Film Bioskop yang lulus sensor Lembaga Sensor Film (LSF) antara 1 November 2014 sampai dengan 1 November 2015 dan / atau yang belum pernah mengikuti FFI sebelumnya, dengan materi akhir:

  • 35mm Film Print; atau
  • DCP (Digital Cinema Package).

2. Film Pendek yang diproduksi dengan materi akhir:

  • a. 35 mm Film print; atau
  • 15 mm Film print; atau
  • Data Digital dengan resolusi minimal 720 x 576 dpi.

3. Film Dokumenter (Panjang dan Pendek) yang diproduksi dengan materi akhir:

  • 35 mm film print; atau
  • 16 mm film print; atau
  • Data Digital dengan resolusi minimal 720 x 576 dpi.

4. Film Animasi Pendek yang diproduksi dengan materi akhir:

  • 35 mm film print; atau
  • 16 mm film print; atau
  • Data Digital dengan resolulsi minimal 720 x 576 dpi.

5. Film Televisi yang sudah tayang di stasiun televisi dan telah lulus sensor antara 1 November 2014 sampai 1 November 2015 atau yang belum pernah mengikuti FFI sebelumnya, dengan materi akhir:

  • Digital Betacam;
  • Betacam SP; atau c. DCP.

6. Film berbentuk omnibus (kesatuan film-film pendek atau dokumenter yang dirangkai dalam sebuah kesatuan cerita atau berbentuk antologi) hanya boleh didaftarkan sebagai satu judul film (dianggap sebagai filom panjang) dengan susunan crew maupun pemain yang dipilih oleh pendaftar / pemilik film.

7. Film omnibus yang telah didaftarkan pada satu jenis kompetisi, maka film tersebut tidak bisa didaftarkan lagi secara terpisah pada jenis kompetisi lain.

8. Khusus untuk film pendek, film animasi pendek, dan film dokumenter yang belum memiliki surat lulus sensor atau STLS, penyensorannya diatur dan dibantu kemudian oleh Ketua Panitia Pelaksana FFI 2015.

9. Seluruh jenis film yang menjadi peserta FFI 2015 harus belum pernah mengikuti FFI sebelumnya.

C. KETENTUAN UMUM:

  1. Film peserta FFI 2015 adalah film yang diproduksi oleh perorangan atau Perusahaan Film / Badan Hukum Indonesia lainnya, baik secara sendiri atau berkerjasama dengan Perusahaan / Badan Hukum Indonesia atau Perusahaan / Badan Hukum Asing;
  2. Film disutradarai sepenuhnya oleh Warga Negara Indonesia.
  3. Sebagian besar unsur kreatif dipimpin oleh Warga Negara Indonesia.
  4. Semua unsur yang didaftarkan dan menjadi obyek penilaian Dewan Juri, termasuk aktor dan aktris, harus warga negara Indonesia.
  5. Mengisi Formulir Pendaftaran termasuk unsur-unsur yang akan dinilai secara lengkap dan benar, ditandatangani oleh pemilik / pemegang hak atas karya cipta film tersebut atau orang yang diberi kuasa berdasarkan surat tertulis.
  6. Menyertakan surat pernyataan di atas materai yang ditandatangani produser dan / atau sutradara yang menyatakan bahwa film tidak melanggar ketentuan hukum dan peraturan perundang-undangan di Indonesia.
  7. Penggunaan unsur-unsur hak cipta orang lain sebagaimana diatur dalam perundang-undangan harus bisa dibuktikan dengan dokumen legal, yang jika diperlukan untuk pembuktian wajib diperlihatkan aslinya kepada Panitia Pelaksana FFI 2015.
  8. Semua peserta wajib menyerahkan screening copy (materi film yang diproyeksikan untuk keperluan penjurian) terbaik sesuai dengan yang dipersyaratkan.
  9. Peserta wajib memberikan hak dan izin yang diperlukan sekarang dan di kemudian hari kepada Panitia Pelaksana FFI 2015 untuk menayangkan klip film peserta (dengan atau tanpa soundtrack, termasuk music score) dalam bentuk CD-ROM atau format lain. Panitia FFI 2015 diijinkan menggunakan klip film untuk tujuan promosi dan sosialisasi FFI 2015. Peserta mengizinkan Panitia FFI 2015 untuk menggunakan still foto adegan film, poster, untuk kepentingan publikasi dan lain-lain dalam rangka pelaksanaan FFI 2015.
  10. Untuk keperluan penjurian dalam rangka kompetisi:
  • Untuk Film Bioskop dengan materi akhir pita seluloid 35 mm, peserta wajib menyerahkan screening copy terbaik dalam format pita seluloid 35 mm atau DCP dan DVD.
  • Untuk Film Pendek, Film Animasi Pendek, Film Dokumenter Panjang dan Dokumenter pendek dengan materi akhir pita seluloid 35 mm, 16 mm atau data video digital/analog, peserta wajib menyerahkan screening copy terbaik dalam format DVD.
  • Untuk Film Televisi cerita lepas dengan materi akhir video digital/analog, peserta wajib menyerahkan screening copy terbaik dalam format Betacam, DCP, atau DVD.
  • Produser, sutradara, pemeran film, dan seluruh unsur pekerja film yang didaftarkan bersedia untuk terlibat aktif dalam acara-acara utama pendukung dan publikasi FFI 2015.

11. Peserta tidak diperkenankan menarik film yang telah didaftarkan.

D. KETENTUAN KHUSUS:

  1. Untuk Film Bioskop yang unsurnya masuk nominasi “Penulis Skenario Adaptasi” dan “Penulis Skenario Asli” Terbaik, wajib menyerahkan salinan skenario untuk penilaian akhir.
  2. Untuk Film Pendek, Film Animasi Pendek, dan Film Dokumenter yang masuk Nominasi, akan dibantu urusan penyensorannya oleh Panitia FFI 2015. Namun, jika dinyatakan tidak lulus sensor oleh LSF, maka Ketua Panitia FFI 2015 dapat membatalkan nominasinya.